Tuesday, March 19, 2013

Pemilihan indukan burung murai batu medan


Indukan murai batu medan adalah satu-satunya modal awal yang penting untuk memulai bisnis penangkaran murai batu ini. Pemilihan indukan yang tepat, akan memberikan peluang keberhasilan menciptkan anakan yang lebih berkualitas dari pada memilih indukan murai batu silangan atau indukan seadanya.

Terkadang, apalagi jika kita masih baru akan memulai menangkar murai batu, kita bisa menggunakan indukan murai batu yang kita miliki. Tetapi, jika kita benar-benar ingin konsentrasi ke bisnis ini, penulis sarankan untuk mencari indukan yang benar-benar ideal. Walaupun agak susah dan biasanya harganya juga lumayan mahal, ini ada sedikit ciri-ciri indukan murai batu medan yang bisa di gunakan sebagai indukan.  Tentu saja, setelah kita mengetahui perbedaan jantan dan betina murai batu yang saya sudah pernah jelaskan

Ciri Indukannya sebagai berikut:
  1. Paruh tipis, lurus dan panjang
  2. Volume di atas rata-rata
  3. Mempunyai irama yang bagus dan jarang ngetem atau berhenti di tengah-tengah.
  4. Bulu kelihatan halus dan mengkilap
  5. Kemampuan menirukan burung lain lebih banyak atau lebih variatif
  6. Mempunyai mental tempur yang bagus jika di dekatkan dengan pejantan murai batu yang lain
  7. Sehat dan tidak cacat secara fisik untuk mengurangi resiko kegagalan proses produksi murai batu.
Paling tidak, ada beberapa ciri di atas yang bisa di gunakan sebagai patokan untuk memilih induka murai batu medan. Terkadang, ada beberapa peternak yang menjadikan trah indukan sebagai parameter kualitas karena di percaya indukan murai batu yang pernah berprestasi akan menghasilkan anakan murai batu yang mendekati kualitas indukannya. Tapi juga tidak sepenuhnya bisa di gunakan patokan, karena banyak juga, dari hasil anakan penangkar biasa-biasa saja yang berhasil berprestasi. Karena semua juga bergantung pada perawatan, master selama pemeliharaan anakan hingga dewasa.

Jadi, memilihlah dengan tepat untuk menghasilkan anakan dari tangkaran yang berkualitas Bird Farm Anda.  Nah, setelah mendapatkan calon indukan, Anda bisa langsung mengetahui bagaimana menjodohkan indukan murai batu

Haruskah Betina Burung Murai Batu Medan untuk Indukan?


Untuk orientasi yang memang menghasilkan turunan murni murai batu medan.  Lain lagi jika memang untuk keperluan lomba yang medan atau tidak kadang-kadang tidak begitu di perhitungkan secara utama.  Penting kan nanti hasil dari proses master dan trah indukan murai batu yang bagus atau pernah berprestasi.
Jika tujuannya memang untuk  menghasilkan anakan murai batu medan yang benar, pemilihan indukan yang betina harus di lakukan dengan cermat.  Bisa memelihara dari anakan yang di dapat dari penangkar yang benar-benar konsentrasi pada jenis murai batu medan.  Jika membeli dari pasaran, kualitasnya tidak pernah bisa di ketahui terkecuali memang Anda sudah memiliki jam terbang yang cukup di dunia murai batu ini.
Jadi, apa pun jenis indukan murai batu betinanya, tergantung apa tujuan Anda.  Untuk kemurnian murai batu medan, atau untuk menciptakan turunan yang berkualitas untuk lomba dengan mempertimbangkan materi yang ada.


0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Aneka Satwa Burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo